Breaking News

Friday 20 March 2015

Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan

Daun dadap merupakan tumbuhan liar yang bisa tumbuh di belakang rumah,tidak disangka tanaman liar ini ternyata memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.Daun dadap (Erythrina lithosperma BI.non miq) ini,kini menjadi salah satu tanaman herbal yang banyak dicari untuk bahan pengobatan.Daun dadap mengandung zat alkaloida yang bersifat mendinginkan dan anti radang.Selain itu,dalam daun dadap juga terdapat kandungan eritradina,eritramina,eritrina,erisovina dan hipaforina.kulit kayunya berkhasiat mengencerkan dahak.Baca juga (Manfaat Apotik Hidup Untuk Kesehatan)

Beberapa Khasiat Daun Dadap Bagi Kesehatan 

1. Mengobati Batuk 
kandungan zat alkaloida yang bersifat mendinginkan dan antiradang yang terkandung dalam daun dadap dapat mengobati batuk.
Cara mengobati batuk dengan daun dadap : Ambil daun dadap secukupnya,kemudian bersihkan dengan air,tiriskan,lalu peras daunnya.tambahkan air putih dingin pada perasan daun dadap tadi,diamkan sekitar 5 menit dan daun dadap siap di minum

2. Demam
Daun dadap dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan panas dengan cara mengompreskan daun/kulit batang dadap

3. Panas Dalam 
Untuk mengobati panas dalam  cara mengolahnya sama dengan mengobati batuk  yaitu dengan meminum daun dadap yang telah diolah.

4.  Melancarkan ASI
Daun dadap juga berkhasiat untuk melancarkan ASI.Untuk membuat ramuannya,siapkan beberapa helai daun dadap,remas,kemudian seduhlah dengan 1 gelas air.Minum ramaun ini 1 x sehari.Selain  itu daun dadap juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.Baca juga (Daun katuk memperlancar produksi ASI)

5. Mencegah Keguguran
Untuk mencegah keguguran bisa gunakan daun dadap dengan cara ditumbuk,kemudian diborehkan pada perut.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai khasiat daun  dadap bagi kesehatan,semoga bermanfaat.




55 comments:

  1. ane baru denger sob ada daun dadan, informasi yang sangat berguna buat ane sob, thanks yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pasti baru dengar lah mas aidil mah, kan disana tertulis daun dadap bukan daun dadan, kalau daun dadan sih kayaknya gak ada dech, kalau daun dadap neh biasanya bisa tumbuk tanpa kita menanamnya.

      tetapi kalau ternyata daunnya bisa dijadikan untuk penyembuhan sih belum pernah coba, tetapi sering mambca pada beberapa blog tetangga yang membahas hal yang sama seperti ini.

      Delete
  2. iya betul daun dadap memang banyak memiliki banyak manfaat buat kesehatan. saya diajarin sama orang tua dulu. namun lebih rinci khasiatnya ada di artikel ini. apresiasi dengan sangat buat artikelnya, biar banyak anak jaman sekarang lebih pada tahu, bisa jadi alternatif biaya dokter yang semakin mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas daun dadap memang banyak manfaatnya dan dapat dijadikan alternatif pengobatan.semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Tanks gan infonya baru tahu sy :D
    oh ya blog anda sudah saya follow, tolong follow juga blog saya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama.oke nanti saya follow gan :)

      Delete
  4. Subhanallah, setahu saya masih di kampung dulu sering diceritain hati-hati ama getah pohon dadap, eh ternyata manfaatnya banyak juga yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,terkadang yang harus diwaspadai juga punya banyak manfaat :)

      Delete
  5. saya baru tahu nih,,dulu waktu masih kecil saya inget ketika sakit demam Ibu saya membalutkan kain yang disisipi daun dadap,saya gak tahu apa fungsinya kala itu,ternyata orang tua sudah tahu dari dulu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,orang tua memang selalu tau mengenai obat-obatan tradisional :)

      Delete
  6. Di tempat saya rada sulit nyari daun ini, but trims ya utk infonya :)

    ReplyDelete
  7. tanaman obat di Indonesia memang luar biasa hebatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,tinggal kita bisa mengolahnya aja ya mas :)

      Delete
  8. Info yang menarik apalagi yang mencoba back to nature seperti saya sayangnya sulit menemukan di daerah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas daun dadap memang langka,hehe tapi dekat rumahku ada :)

      Delete
  9. Kalau di daerah rumah aku daun dadap ini terkenal untuk mengobati demam anak, dan hasilnya lumayan manjur juga (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di lingkungan sekitarku lebih terkenal untuk mengobati batuk mbak :)

      Delete
  10. Banyak sekali akan manfaat daun Dadap ini ya mbak .. saya taunya cuma bisa menurunkan Deman saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,kebanyakan orang taunya buat menurunkan demam tapi sebenarnya manfaatnya banyak :)

      Delete
  11. daun dadap, saya baru dengar daun liar bernama dadap, dan wah ternyata daun dadap bisa menyembuhkan demam juga, thx info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru dengar ya? kalau pengen tau daunnya yang lebih jelas bisa main ke rumah,kebetulan dekat rumah ada pohonnya :)

      Delete
  12. Waktu panas dalam pernah juga saya mencoba daun dadap sebagai obat, meski agak sedikit tidak enak dilidah namun khasiatnya terbukti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih rasanya memang hambar mbak,tapi khasiatnya sudah terbukti juga kan? :)

      Delete
  13. Baru tahu loh bisa mencegah keguguran alias menguatkan kehamilan, nice share

    ReplyDelete
  14. ternyata banyak juga ya manfaat daun dadap untuk kesehatan ya...makasih mbak. sangat bermanfaat bagi istri saya yang sedang menyusui. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbah,manfaat daun dadap memang banyak.Sama-sama mbah semoga bermanfaat :)

      Delete
  15. banyak juga ya gan manfaat nya dari daun dadap ini, cocok buat ane yang lagi mau jaga kesehatan gan, biar tubuh fit untuk ngeblog :D

    ReplyDelete
  16. banyak sekali manfaatnya, ngomong2, daun dadap ayam itu apanya ayam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,bukan apa-apanya mas itu kebetulan aja namanya ada ayamnya :D

      Delete
  17. Itu daun dadap dijual dipasar nggak ya? Kalo nyari dikebon khan harus pulang kampung dulu. Hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau ya,tapi kayaknya belum pernah liat di pasar sih :D

      Delete
  18. Ada foto yang sabelegedegan ga mba? penasaran pohon dadap itu kaya apa ya? yang di foto di atas kurang ngebelegedeg. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas,emang itu kurang besar ya fotonya :D

      Delete
  19. sepertinya saya pernah lihat daun ini...tapi namanya beda......btw makasih atas info yang bermanfaat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya apa mas?
      iya sama-sama.Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  20. kalau nggak salah batang pohon daun ini berduri ya mbak,
    banyak sekali manfaat daunnya ya

    ReplyDelete
  21. Gak nyangka yah, tanaman liar ternyata manfaatnya besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang banyak dan banyak orang tidak mengerti dengan hal ini, makanya hanya dibiarkan dan dianggap tanaman liar.

      Delete
  22. info yang sangat menarik.. boleh ...bolehh

    ReplyDelete
  23. biasanya untuk menambah asi dan mengobati panas dalam pada anak kecil cu...dan daun dadap ini juga untuk menguatkan kandungan agar jangan mudah keguguran. ok makasih deh ilmunya. maaf ya cu, lama tak kesini....maklum kadang waktu ngeblognya harus berbagi dengan kerjaan lainnya.

    ReplyDelete
  24. Permisi admin blog ini,
    maf bukanya yang bermanfaat untuk memperlancar asi ibu hamil itu daun katuk, bukanya daun dadap?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut informasi yang saya ketahui daun dadap juga berkhasiat untuk memperlancar asi ibu hamil kok. Jadi menurut saya artikel pada blog ini bisa dipercaya kebenaranya. terima kasih
      Kursus bahasa inggris Jogja

      Delete
  25. Menurut informasi yang saya ketahui daun dadap juga berkhasiat untuk memperlancar asi ibu hamil kok. Jadi menurut saya artikel pada blog ini bisa dipercaya kebenaranya. terima kasih
    Kursus bahasa inggris Jogja

    ReplyDelete
  26. Menarik untuk disimak dan dipelajari lebih lanjut. soalnya ini hal baru bagi saya, bagi mereka yang suka bepetualang kehutan harus tahu akan hal ini. bisa jadi bahan makanan juga hehe. artikelnya sangat berkualitas sob! btw "selamat hari blogger nasional"

    ReplyDelete
  27. Manfaat Tersembunyi Daun Dadap Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  28. Wah ternyata banyak sekali manfaat dari daun dadap ini untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  29. baru tau... terima kasih sob artikelnya

    mining companies

    ReplyDelete

Designed By