Breaking News

Saturday 7 February 2015

Makanan dan Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh

Untuk menjaga kekebalan tubuh,kita harus pintar-pintar memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi.Mengonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh merupakan hal yang penting untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.Untuk mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatan kekebalan tubuh, mari kita simak artikel berikut ini .

 


Sistem imunitas/kekebalan tubuh adalah ketahanan tubuh atau resensi tubuh kita terhadap suatu penyakit.Supaya kita terhindar dari berbagai infeksi yang menyerang tubuh,kita perlu menjaga kekebalan tubuh.Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat,akan membuat kita hidup sehat lebih lama.Dalam meningkatkan imunitas tubuh manusia secara alami dapat di lakukan dengan 2 cara yaitu dengan latihan dan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.Banyakbuah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin,mineral dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Seperti jenis makanan dn minuman berikut, yang apabila dikonsmsi secara rutin, akan meningkatkan kekebalan tubuh yang kuat.

Makanan dan Minuman yang dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

 

1. Jus Kiwi
Buah kiwi memiliki kandungan antioksidan yang kaya vitamin A, E, dan C.Konten vitamin C dengan senyawa antioksidan lainnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Jus kiwi juga akan memberikan serat dan kalium untuk tubuh dan dapat melindungi kita dari penyakit jantung.

2. Jus Lemon
Jus lemon merupakan minuman terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, karena lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh.Jika diminum secara teratur,tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi.

3.Teh hijau 
Teh hijau merupakan minuman yang sempurna dalam meningkatkan kekebalan tubuh.Minuman ini mengandung zat yang disebut epigallocatechin (EGCG).Zat ini bisa melawan infeksi bakteri dan virus.Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa EGCG terbukti dapat mengontrol perkembangan kanker. ( sumber : viva.co.id )

4. Jus wortel 
Dengan kandungan vitamin C, B komplek,zat besi,kalium,natrium,fosfor yang terkandung dalam worteldapat meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.Minum jus wortel secara teratur, dapat meningkatkan fungsi hati dan memiliki sistem kekebalan yang kuat.

5. Jahe
Jahe termasuk makanan favorit para lelaki yang ingin meningkatkan kekebalan tubuh.Jahe ini memiliki bahan antimikroba yang ampuh serta kaya akan antioksidan dan mineral, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Alpukat 
Alpukat mengandung vitamin B1,C,A dan mineral, oleh karena itu,buah ini termasuk makanan paling sehat di dunia.Buah alpukat dapat membantu membersihkan usus secara natural.

7. Daging
Daging merupakan makanan penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh,daging kayya akan zink elemen yang sangat penting memiliki kemampuan untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih.Seperti yang kita tahu, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.

8. Telur
Kandungan vitamin D yang terkandung dalam telur memiliki potensi yang baik untuk membasmi penyakit ,meningkatkan gairah dan meregulasi aliran darah dalam tubuh.Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk sistem imun atau kekebalan tubuh.

9 Cuka sari apel
Jus apel kaya akan vitamin.kalsium,mineral,natrium,kalium,klorin,fosfor,zat besi,fluor dan magnesium.Semua kandungan yang tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Selain itu jus apel juga mengandung cairan asam yang dapat meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh.

10. Kentang manis
Vitamin A yang terkandung dalam kentang manis ini merupakan vitamin yang penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan,mendukung dan memisahkan antar jaringan dan organ dalam tubuh.Kentang manis mempunyai peran besar untuk kulit agar terhindar dari bakteri dan kuman penyakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh untuk tetap sehat dan jauh dari pengaruh penyakit.



64 comments:

  1. sering minum jus Alpukat yang lain jarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kalau gitu mbak,alpukat ini merupakan makanan paling sehat di dunia :)

      Delete
  2. jahe efektif sekali di ramu menjadi minuman sebagai anti dari angin yang jahat ketika melakukan aktivitas di malam hari, benarkan mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali pak,jahe dapat menghangatkan tubuh dan menjaga kekebalan tubuh setelah beraktivitas di malam hari

      Delete
  3. sepertinya saya perlu ini. daya tahan tubuh sedang tidak stabil. perlu dikasih jus sepertinya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas,pilih mau konsumsi jus apa?? hehe

      Delete
  4. Saya baru tahu kalau sari cuka apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kalau saya konsumsi madu juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,cuka sari asam mengandung cairan asam yang dapat mennstabilkan efesiensi kekebalan tubuh,madu juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh :)

      Delete
  5. Seringnya jus alpukat. Jahe, biasa minum susu jahe di angkringan kalo udara lagi dingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus deh kalau sering mengonsumsi jus alpukat dan jahe,, :)

      Delete
  6. sampe sekarang masih penasaran dengan rasa buah kiwi

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. udah enak bermanfaat lagi buat kesehatan :D

      Delete
  8. Saya suka jus lemon mbak apalagi di tambah irisan strawberi didlmnya, nambah strong dan seger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak jus lemon udah pasti segar apalagi kalau di tambah buah kesukaan lainnya di jamin mantapp :D

      Delete
    2. Lemon di buat infused water juga gak kalah mantap loh :)

      Delete
    3. iya mbak di buat infused water juga mantap,dari sisi kandungan gizi tidak ada perbedaan layaknya memakan buah dan meminum air putih seperti biasa. :)

      Delete
  9. kalau jus kiwi memang segar sehabis meminumnya...nah kalau jus alpukat selera ane banget mbak...dan konon kabarnya bisa meningkatkan daya ingat juga...artinya tidak cepat pikun kalau kita tua nanti....sisa baru tau tuh mbak....makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jus alpukat memang jus yang paling banyak disukai, selain enak,khasiatnya juga banyak ya mbah :D
      kembali kasih mbah :)

      Delete
    2. sama mbah, Devy juga paling suka dengan jus alpukat, biasanya lebih nikmat jika dicampur susu cokelat yang agak banyakan dikit, 2 gelas juga habis, hehe..

      Delete
    3. nah betul sekali mbak di campur susu lebih nikmat :D

      Delete
    4. dua lagi jus buah naga dan jus wortel juga muantab...
      tuh mbak devy: saya enggak engeh dicampur susu coklat banyakan dikit....maksudnya banyak tapi dikit gitu mbak...heheeee...

      Delete
    5. Mbah dinan bohong tuh...
      biasanya juga minum jus cabe wkwkwkw...
      terus untuk menjaga kekebalan tubuhnya, dia mah pake susuk dan mantra :D

      Delete
  10. wah ternyata jahe bisa meningkatkan daya tahan tubuh, pantesan kalau begadang ditemani jahe susu, rasanya ok ok saja, paginya pun nggak merasa lelah, seger-seger saja, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,jahe bisa meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya karena rasanya yang hangat :D

      Delete
  11. wahahaha, pas banget.
    I Love kiwiiiii :))

    ReplyDelete
  12. sepuluh jenis makanan dan minumanpeningkat daya tahan tubuh yang perlu diketahui dan sekali-kali wajib dikonsumsi banget yeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, silahkan makanan dan minumannya di konsumsi supaya kesehatan tubuh tetap seimbang :)

      Delete
  13. Saya sukanya makan telur :), lebih baik mencegah sakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, daripada sedikit-sedikit minum obat/multivitamin, nanti yang ada malah ketergantungan ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bener banget mas,mencegah itu lebih baik daripada mengobati :)

      Delete
  14. selain makanan dan minuman di atas jangan lupa olahraga ya untuk meningkatkan daya tahan, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas olahraga juga penting,hehehe terimakasih sudah menambahkan :)

      Delete
  15. Jus kiwi sepertinya saya belum pernah ngerasain....maklum dari kampung jadi minumnya jus yang ada buahnya....dikampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak apa-apa mas,jus buah lainnya juga bagus dan memiliki khasiatnya masing-masing :)

      Delete
  16. aku suka semuanya, yang ga suka bayarnya mba hehehe.. sesudah makan daging pilihan minumnya banyak, sehat sehat pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe udah pasti kalau makanan enak siapa yang gak suka teh apalagi kalau dapat gratis hehehe makin enak (modis) modal gratis :)

      Delete
  17. wahhh ternyata banyak sekali yah makanan dan minuman yang bisa meningkatka daya tahan tubuh ini hmmm kerennn infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,masih banyak lagi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.Terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  18. ternyata banyak juga ya mbak Makanan dan Minuman Peningkat Daya Tahan Tubuh ,, makasih mbak share nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,masih banyak lagi makanan dn minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

      Delete
  19. iya mas banyak,sama-sama mas :)

    ReplyDelete
  20. Kalo punya duit lebih, ngejust gituan bolehlah

    ReplyDelete
  21. Yang alami memang luar biasa manfaatnya

    ReplyDelete
  22. selain makanan dan minuman yang diatas,, katanya ada banyak juga ya mbak yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami,, misalnya jogging,jalan sehat, mengonsumsi teh herbal,san lain-lain.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,masih banyak lagi selain makanan dan minuman aktivitas olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh :)

      Delete
  23. Bila ke angkringan, saya suka pesan wedang jahe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan minum wedang jahe badannya jadi terasa hangat ya mas :)

      Delete
  24. rupanya tidak salah kalau selama ini saya sangat menyukai yang namanya jahe,air jahe adalah salahsatu minuman kesukaan,malahan saya suka makan jahe secara langsung ,,waw luarbiasa ternyata yang namanya jahe itu,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,jahe memang menjadi salah satu makanan favorit bagi kaum pria,kandungan antimikroba yang ampuh serta kaya akan antioksidan dan mineralnya juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh :)

      Delete
  25. Kembali lagi ni....kalau musim hujan gini apa masih relevan minum jus? karena jus yang dijual udah banyak campurannya seperti susu dan es

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalau saya lebh suka jus dicampur Susu kang Daniel :D

      Delete
    2. ada baiknya jika musim hujan minimal minum 1 kali dalam seminggu mas :)

      Delete
  26. saya sangat suka sekali jus Alpukat mbak, selain untuk perawat kulit, buah alpukat juga kalau di jus bisa mengikatkan daya tahan tubuh kita juga,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas,saya juga suka jus alpukat selan enak manfaatnya juga banyak ya mas?? :D

      Delete
  27. tulisan yang informatif. kalau kopi gak apa2kan bagi tubuh..? salam kenal.jika berkenan berkunjung balik ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak mengonsumsi kopi juga ada efeknya bagi tubuh mas,selain dapat menyebabkan ketergantungan,kopi juga dapat menyebabkan stroke

      Delete
  28. udah lama ane kagak makan dan minum yang mengandung gizi sob, sering nya makan dan minum seadanya karena kondisi keuangan tipis hehehe bagus ini tips nya bisa ane cobak yak

    ReplyDelete
  29. bagus ini sob makanan dan minuman nya apabila dikonsumsi secara rutin oleh kita, sehingga daya tahan tubuh kita bisa kebal dari berbagai penyakit yak

    ReplyDelete

Designed By