Breaking News

Saturday 3 January 2015

Makna Maulid Nabi Muhammad SAW "The Best Charakter Of Human"

 
Setiap bulan Rabi'ul awal,umat islam di berbagai negara selalu memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW,namun banyak orang yang memperingati kelahiran beliau tanpa menghayati makna yang terkandung dari kelahiran beserta keberhasilan beliau dalam menegakkan panji-panji islam.Untuk itu disini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai keistimewaan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW beserta keberhasilan yang menyertainya dalam melakukan dakwah islamiyah serta proses yang dilakukan beliau dalam mendidik umatnya.

Nabi Muhammad SAW adalah sosok tauladan terbaik,termulia dan terfavorit di dunia dan akhirat.Beliau tidak pernah berdusta,lembut,murah hati,mampu menguasai diri sehingga,setiap langkahnya menjadi tauladan bagi setiap umat.Beliau juga sosok yang di cinta makhluk langit dan bumi bahkan beliau merupakan sosok yang selalu di rindu oleh penciptanya.Menurut Michael H.Hart di dalam bukunya "The 100 : A Ranking Of The Most Influential Persons in History" meletakakn Rasulullah SAW sebagai manusia paling berpengaruh di dalam sejarah dunia.

Berikut Beberapa Gelar yang Disandang  Nabi Muhammad SAW :
  1. Rasulullah
  2. An-Nabi
  3. Khootamul Anbiyaa'wal Mursalin
  4. Al-Mushthofaa
  5. Al-Amin
  6. Shollollahu'alaihi wa Sallam (Sholawat dari Allah dan Salam atasNya)
Mengenang Peristiwa Kelahiran Nabi Muhammad SAW :
  1. Lahir : Makkah,12 Robii'ul Awwal 52 S.H (Tahun Gajah) atau 22 April 571 M.
  2. Diutus Menjadi Rosul : Saat berusia 40 tahun saat beribadah di gua hiro.
  3. Hijrah Ke Madinah : Pada bulan Rabi'ul Awwal saat berumur 53 tahun.
  4. Menjadi Panglima Perang sebanyak 27 kali danmengutus pasukan perang sebanyak kurang lebih 56 kali
  5. Ibadah Haji : 1 kali
  6. Umroh : 4 kali 
  7. Wafat : Madinah,senin 12 Rabi'ul  Awwal 11 H/632 M (genap 63 tahun).
The Best Character of Human adalah karakter yang ditunjukkan oleh Nabi tercinta kita,Nabi Muhammad SAW.Kapasitas beliau di bidang bisnis sudah di mulai sejak kecil ke syam,mungkin jika dianalogikan  sekarang anak SD sudah berbisnis hingga singapura ataupun jepang.Di bidang pendidikan beliau adalah ahlinya segala pendidikan,dalam hal stratergi perang beliaupun adalah best of the bestnya.dalam hal romantisme berkeluargapun beliau sangat romantis dengan kepribadiannya.Dari sekian banyak karakter Rasulullah yang begitu luar biasa,dapat kita formulasikan segala hal itu di mulai dari karakter FAST yang dimilikinya.

Karakter FAST adalah suatu formulasi 4 pilar karakter leadership Rasulullah Saw.Menurut bahasa kata 'FAST' mengandung makna yang unik dan bertentangan yaitu cepat (FAST) dan puasa (Fasting) yang bermakna"cepat" dan "terurus" karena puasa mengajarkan tentang pengurusan diri.yang berarti memiliki makna "berfikir dan bertindak cepat namun terurus,hal ini juga mengingatkan kita semua terhadap pola percepatan model kepemimpinan yang akan cepat pula membawa perubahan umat manusia ke arah yang lebih biak.Selain itu kata FAST juga memiliki makna yang merupakan kepanjangan dari Fathonah,Amanah,Sidiq,Tabligh (sifat wajib Rasulullah).

Dengan adanya formula karakter ini di harapkan karakter bangsa indonesia semakin membaik,dapat mendidik pendidikan indonesia untuk membangun dan mencerdaskan generasi bangsa menuju generasi emas.Formulasi FAST ini perlu dimulai dari SDM yang sangat berpengaruh di indonesia yakni para anggota dewan y ang menjawab saat ini.Untuk itu kita perlu memahami makna inspirtif dari karakter FAST yang nabi miliki sebelum di terapkan dalam dunia pendidikan.

Berikut Makna Inspiratif dari Karakter FAST yang Nabi miliki : 
  1. Fathonah yang artinya cerdas.Cerdas artinya mampu mengimplementasikan kepintaran ilmunya dalam  tindakan nyata yang maslahat.Dengan kecerdasan kita mampu menciptakan inovasi,kreativitas,rasa optimis dan dapat menciptakan peluang kemajuan.
  2. Amanah (dapat di percaya).Amanah berarti menyampaikan apa yang menjadi hak orang lain dalam melaksanakan tugas kepemimpinanya.disinilah fakta yang terjadi banyaknya korupsi anggota dewan dan lainnya karena belum bisa menerapkan sikap amanah.Untuk itu sifat amah ini perlu di terapakan karena jika sikap amanah ini sudah tertanam,maka dapat dipastikan negara kita akan bersih dari korupsi serta dari praktik-praktik yang haram yang akan membuat negara menjadi maju dan kuat.
  3. Sidiq yang berarti jujur dalam segala kondisi.Kejujuran itu ibarat mata uang yang berlaku dimana-mana,dengan kejujuran seseorang akan memiliki modal moral sekaligus modal sosial untuk membangun sebuah bangsa yang beradab.Seorang pemimpin yang sidiq tidak akan melakukan tindakan korupsi,kolusi ataupun nepotisme.Pemimpin yang siddiq akan menjungjung esensi kebenaran ilahiyah yang di yakininya,jujur,tulus,adil serta menghormati kebenaran pihak lain,tidak merasa diri yang paling benar.
  4. Tabligh (menyampaikan).artinya berkemampuan transparansi dan komunikasi yang efektif,pandai menyampaikan seseuatu yang mudah dicerna rakyatnya.Strategi diplomasinya harus jelas,runtut serta sistematis supaya rakyat mudah memahami apa yang di sampaikan.
Demikian  ulasan mengenai peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW (The Best Character of Human).Walaupun maulid nabi telah lewat 1 hari,semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat serta dapat menambah kecintaan dan keimanan kita.






44 comments:

  1. memang nabi muhammad adalah nabi junjungan yg lain daripada yg lain yambak,berbahagialah kita termasuk kaumnya
    selamat memperingati maulud nabi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas yanto,Nabi Muhammad Saw emng best of the best dan kita patut bangga memiliki junjungan seperti beliau :D

      Delete
  2. yang paling menggugah bahwa Rasulullah mendidik dalam kesabaran dan penuh cinta. tinggal kita mencohnya dengan sabar dan penuh cinta pula. semoga kita semua bisa, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,sekarang tinggal gimana kitanya aja mas dinan,,segala prilaku rasullullah patut kita jadikan contoh dalam kehidupan ini :)

      Delete
  3. Fatonah, Sidiq, artinya bagus-bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas yandhi semua makna dari karakter FAST yang dimiliki rasul emang bagus-bagus :D

      Delete
  4. nabi sekaligus rasul akhirul zaman,beliaulah yang membawa ajaran islam sampai kepada kita semua saat ini,sebuah agama yang telah disahkan oleh sang penguasa alam Allah SWT.beliaulah nabi yang penuh dengan karakter dan sifat mulia nan bijaksana,semoga kita bisa senantiasa menjadikan seluruh sendi kehidupan nabi sebagai uswatun hasanah buat kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas muhtar amin ya rabb,,,
      coment yang bagus mas nambah pencerahan :) terimakasih sudah berkunjung :D

      Delete
  5. wah mendalam banget nih ulasannya, mesti banyak belajar dari sini deh untuk mendalami karakter Nabi Muhammad..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita sama-sama belajar agar kecintaan kepadanya bisa menambah keimanan :D

      Delete
  6. Baik, amanah dan sulit di jelaskan seberapa banyak kebaikannya. Walaupun kita tidak bisa sepenuhnya seperti beliau. Namun, setidaknya kita tetap meniru kebaikan-kebaikan yang beliau berikan dan ajarkan.

    Terima kasih Nabi Muhammad SAW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul sekali mas heru,kebaikan beliau begitu banyak sehingga sulit untuk di jelaskan secara terperinci :)

      Delete
  7. Alhamdullilah dapat pencerahan mengenai makna inspiratif dari baginda rasul Muhammad disini :) makasii nih mbak atas pengetahuann nya sangat bermanfaat sekali dikarenakan sekarang ini kang bulan mulud :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama mas,,makasih juga udah berkunjung :D

      Delete
  8. Semoga kita selalu menghaturkan salawat kepada Rasul SAW. Gak terbayang indahnya kalau seandainya saya jadi pengikut Baginda Rasul SAW di masa dulu.
    Terimakasih sudah berbagi mbak ucu. salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu aku juga gak kebayang mas,hehe
      iya sama-sama mas :)

      Delete
  9. Intinya mah, nabi Muhammad SAW adalah teladan terbaik biar selamat selamat dunia dan akhirat.

    Semoga kita bisa mengikuti beliau ya mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amin,,semoga kita semua bisa mencontoh Nabi Muhammad SAW

      Delete
  10. Nabi Muhammad adalah sosok yang memang harus dijadikan tauladan bagi kita semua

    ReplyDelete
  11. jadi tambah tau nich... Makna Maulid Nabi Muhammad SAW
    makasih ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama mbak desi,terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  12. Terkadang makna yang terkandung tidak diindahkan sehingga momentum itu pun hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,tapi tak seharusnya momentum tersebut hilang :)

      Delete
  13. Assalamualaikum.

    Saya ada mendengar dalam kuliah agama, bahawa Yasiin dan Tohaa permulaan surah dlm al-Quran juga merujuk kpd Rasulullah s.a.w. Allahu 'alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ayie pernah dengar juga kalau Yasiin dan Tohaa adalah nama Rasulullah bahkan pernyataan tsb di perkuat dalam Kitab DALAIL AN-NUBUWWAH karangan Ahmad bin ‘Abdullah bin Ahmad bin Ishaq bin Musa bin Mihran Al-Ashbahaniy atau yang lebih dikenal dengan nama Abu Nu’aim al-Ashbahaniy (336 – 430 H),tapi wallahualam mas :)

      Delete
  14. Masya Allah hebat sekali ya Nabi Muhammad

    ReplyDelete
  15. memang benar2 FAST
    makasih penjelasan Karakter FAST Nabi Muhammad saw
    bermanfaat dan mencerahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,terimakasih juga sudah berkunjung :)

      Delete
  16. kalau saya memaknai maulid nabi Muhammad sebagai suatu perjalanan yang penuh dengan makna dalam kehidupan ini, hal itu ditandai dengan proses kelahiran Rasulullah ayng begitu luar biasa, baik dari nilai akhlak, moral, ibadah, tauhid, ujian dan lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makna maulid nabi versi mas ibrahim juga bagus,iya setuju juga mas kalau maulid nabi ini sangat luar biasa nilai dari berbagai aspeknya dapet :D

      Delete
  17. nabi muhammad memang segalanya ya, sang idola kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas albar,nabi muhammad memang sang idola yang patut di contoh :)

      Delete
  18. terima kasih di atas sharing ini.. seharusnya kita menjadikan nabi muhammad saw sebagai contoh dan tauladan di dalam menjalani kehidupan seharian kita.. selawat ke atas nabi muhammad saw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak,,semoga kita semua bisa mencontoh nabi muhammad saw,amin

      Delete
  19. dapat satu gelar yang serupa dengan Sang Baginda aja rasanya sudah bangga sekali ya mbak... misalnya Al-Amin (dapat dipercaya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas wicky pasti bangga banget jika bisa punya gelar Al-Amin :)

      Delete

Designed By